REFLECTIVE TEACHER QUESTIONS TO CONSIDER
- Lesson Planning
- What are the objectives of your lesson ?
- Apa sasaran pembelajaran anda ?
- Sasaran pembelajaran saya adalah para siswa tingkat SD dari kelas IV s/d kelas VI.
- How many objectives do you have ?
- Berapa banyak sasaran yang Anda miliki ?
- Saya memiliki sasaran sebanyak kira-kira 20 siswa setiap kelas.
- What activities will help you meet the objectives ?
- Kegiatan apa yang membantu Anda mencapai sasaran itu ?
- Membaca, menjawab pertanyaan, tanya jawab, kerja kelompok, mengadakan permainan-permainan akan membantu saya mencapai sasaran tersebut.
- How will you asses that your objectives were met this day ?
- Bagaimana Anda akan menilai bahwa sasaran Anda telah terpenuhi hari ini ?
- Saya akan menilai bahwa sasaran saya telah terpenuhi hari ini dengan melihat antusias siswa dan hasil belajar siswa.
- How much time did you spend on your lessons ?
- Berapa banyak waktu yang Anda habiskan pada pelajaran-pelajaran Anda?
- Saya menghabiskan waktu 17 jam pelajaran dengan 11 atau 12 kali pertemuan.
- Giving Directions
- How did you give the directions? Verbally? On the board? Both?
- Bagaimana Anda memberi penjelasan? Secara lisan? Di papan tulis? Keduanya?
- Kedua-duanya, saya memberi penjelasan secara lisan dan di papan tulis.
2. How could you tell if the students understood the directions ?
- Bagaimana Anda bisa tahu jika siswa memahami penjelasan tersebut ?
- Saya bisa tahu jika siswa memahami penjelasan-penjelasan tersebut apabila mereka bertanya.
3. What did you do to ensure the students understood the directions? Comprehension check? Modeling? Other?
- Apa yang Anda lakukan untuk memastikan siswa memahami penjelasan tersebut? Cek pemahaman? Modeling? Atau yang lainnya?
- Saya akan melakukan cek pemahaman.
C. Pacing and Transitions
1. How much time did you spend on each activity ?
- Berapa banyak waktu yang Anda habiskan untuk setiap aktivitas ?
- Saya menghabiskan waktu antara 15 menit sampai dengan 45 menituntuk satu aktivitas.
- How did you change from one activity to another ?
- Bagaimana Anda mengubah dari satu aktivitas ke aktivitas lainnya ?
- Dengan memberitahukan kepada siswa bahwa kita akan menuju aktivitas yang lain.
- Were the activities connected in theme ?
- Apakah kegiatan tersebut berkaitan dengan tema ?
- Ya, aktivitas-aktivitas tersebut berkaitan dengan tema.
- Were the students easily able to move from one activity to another ?
- Apakah siswa dapat dengan mudah berpindah dari satu aktivitas ke aktivitas lainnya ?
- Kadang-kadang.
- Were the students ready to move on to a new activity ?
- Apakah siswa siap untuk beralih ke aktivitas baru ?
- Ya, siswa harus siap.
- What was the energy level of the students throughout the activity ?
- Bagaimana tingkat energi siswa melewati aktivitas itu ?
- Ada yang lelah, gembira, bosan, dan biasa-biasa saja.
D. Student and Teacher Interactions
- How much did you talk during the lesson ?
- Berapa banyak Anda berbicara selama pelajaran ?
- Sangat sering.
- How much did the students produce English during the lesson ?
- Berapa banyak siswa berbicara bahasa Inggris selama pelajaran ?
- Sangat jarang sekali.
- How many different student used English is this day’s lesson ?
- Berapa banyak siswa yang menggunakan bahasa Inggris hari ini ?
- Sangat jarang sekali.
- How many students responded to your questions ?
- Berapa banyak siswa yang menanggapi pertanyaan-pertanyaan Anda ?
- 7 orang siswa dari 20 orang menanggapi pertanyaan-pertanyaan saya.
- What types of group or pair activities did you do ?
- Apa jenis kelompok/pasangan aktivitas yang Anda lakukan ?
- Kelompok diskusi/bercerita.
- What did you do during thr group and pair activities ?
- Apa yang Anda lakukan selama kegiatan kelompok tersebut ?
- Mengawasi kegiatan siswa.
E. Classroom Management
- What did you do to call the class to order ?
- Apa yang Anda lakukan untuk menyarankan kelas untuk diam/teratur ?
- Saya menyuruh kelas untuk diam/jangan ribut.
2. How did you get students to come back to a whole class after group and fair work?
- Bagaimana Anda menyuruh siswa untuk kembali ke kelas setelah kerja kelompok ?
- Dengan mengatakan bahwa waktu kegiatan telah selesai.
3. How did you respond to shy students ?
- Bagaimana Anda menanggapi siswa yang pemalu ?
- Dengan mengajaknya berbicara.
4. How did you respond to talk active students ?
- Bagaimana Anda menanggapi/merespon siswa yang latah ?
- Dengan tidak menciptakan suara yang mengejutkan ketika berada di dekatnya.
5. How did you respond to student questions ?
- Bagaimana Anda menanggapi pertanyaan siswa ?
- Saya akan berusaha menjawab pertanyaan itu.
6. What did you do if/when a student didn’t understand ?
- Apa yang Anda lakukan jika siswa tidak mengerti ?
- Saya akan menjelaskan kembali apa yang tidak dimengerti.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar