Minggu, 01 Mei 2011

REFLECTIVE TEACHER QUESTIONS TO CONSIDER



  1. Lesson Planning
    1. What are the objectives of your lesson ?
      • Apa sasaran pembelajaran anda ?
        • Sasaran pembelajaran saya adalah para siswa tingkat SD dari kelas IV s/d kelas VI.
    2. How many objectives do you have ?
      • Berapa banyak sasaran yang Anda miliki ?
        • Saya memiliki sasaran sebanyak kira-kira 20 siswa setiap kelas.
    3. What activities will help you meet the objectives ?
      • Kegiatan apa yang membantu Anda mencapai sasaran itu ?
        • Membaca, menjawab pertanyaan, tanya jawab, kerja kelompok, mengadakan permainan-permainan akan membantu saya mencapai sasaran tersebut.
    4. How will you asses that your objectives were met this day ?
      • Bagaimana Anda akan menilai bahwa sasaran Anda telah terpenuhi hari ini ?
        • Saya akan menilai bahwa sasaran saya telah terpenuhi hari ini dengan melihat antusias siswa dan hasil belajar siswa.
    5. How much time did you spend on your lessons ?
      • Berapa banyak waktu yang Anda habiskan pada pelajaran-pelajaran Anda?
        • Saya menghabiskan waktu 17 jam pelajaran dengan 11 atau 12 kali pertemuan.

  1. Giving Directions
    1. How did you give the directions? Verbally? On the board? Both?
      • Bagaimana Anda memberi penjelasan? Secara lisan? Di papan tulis? Keduanya?
        • Kedua-duanya, saya memberi penjelasan secara lisan dan di papan tulis.
2. How could you tell if the students understood the directions ?
      • Bagaimana Anda bisa tahu jika siswa memahami penjelasan tersebut ?
        • Saya bisa tahu jika siswa memahami penjelasan-penjelasan tersebut apabila mereka bertanya.
3. What did you do to ensure the students understood the directions? Comprehension check? Modeling? Other?
      • Apa yang Anda lakukan untuk memastikan siswa memahami penjelasan tersebut? Cek pemahaman? Modeling? Atau yang lainnya?
        • Saya akan melakukan cek pemahaman.

C. Pacing and Transitions
1. How much time did you spend on each activity ?
      • Berapa banyak waktu yang Anda habiskan untuk setiap aktivitas ?
        • Saya menghabiskan waktu antara 15 menit sampai dengan 45 menituntuk satu aktivitas.
    1. How did you change from one activity to another ?
      • Bagaimana Anda mengubah dari satu aktivitas ke aktivitas lainnya ?
        • Dengan memberitahukan kepada siswa bahwa kita akan menuju aktivitas yang lain.
    2. Were the activities connected in theme ?
  • Apakah kegiatan tersebut berkaitan dengan tema ?
    • Ya, aktivitas-aktivitas tersebut berkaitan dengan tema.
  1. Were the students easily able to move from one activity to another ?
      • Apakah siswa dapat dengan mudah berpindah dari satu aktivitas ke aktivitas lainnya ?
        • Kadang-kadang.
  1. Were the students ready to move on to a new activity ?
          • Apakah siswa siap untuk beralih ke aktivitas baru ?
            • Ya, siswa harus siap.
  1. What was the energy level of the students throughout the activity ?
              • Bagaimana tingkat energi siswa melewati aktivitas itu ?
  • Ada yang lelah, gembira, bosan, dan biasa-biasa saja.

D. Student and Teacher Interactions
  1. How much did you talk during the lesson ?
    • Berapa banyak Anda berbicara selama pelajaran ?
      • Sangat sering.
  2. How much did the students produce English during the lesson ?
        • Berapa banyak siswa berbicara bahasa Inggris selama pelajaran ?
  • Sangat jarang sekali.
  1. How many different student used English is this day’s lesson ?
    • Berapa banyak siswa yang menggunakan bahasa Inggris hari ini ?
  • Sangat jarang sekali.
  1. How many students responded to your questions ?
    • Berapa banyak siswa yang menanggapi pertanyaan-pertanyaan Anda ?
      • 7 orang siswa dari 20 orang menanggapi pertanyaan-pertanyaan saya.
  1. What types of group or pair activities did you do ?
    • Apa jenis kelompok/pasangan aktivitas yang Anda lakukan ?
  • Kelompok diskusi/bercerita.
  1. What did you do during thr group and pair activities ?
    • Apa yang Anda lakukan selama kegiatan kelompok tersebut ?
  • Mengawasi kegiatan siswa.

E. Classroom Management
    1. What did you do to call the class to order ?
      • Apa yang Anda lakukan untuk menyarankan kelas untuk diam/teratur ?
  • Saya menyuruh kelas untuk diam/jangan ribut.
2. How did you get students to come back to a whole class after group and fair work?
      • Bagaimana Anda menyuruh siswa untuk kembali ke kelas setelah kerja kelompok ?
  • Dengan mengatakan bahwa waktu kegiatan telah selesai.
3. How did you respond to shy students ?
      • Bagaimana Anda menanggapi siswa yang pemalu ?
  • Dengan mengajaknya berbicara.
4. How did you respond to talk active students ?
      • Bagaimana Anda menanggapi/merespon siswa yang latah ?
  • Dengan tidak menciptakan suara yang mengejutkan ketika berada di dekatnya.
5. How did you respond to student questions ?
      • Bagaimana Anda menanggapi pertanyaan siswa ?
  • Saya akan berusaha menjawab pertanyaan itu.
6. What did you do if/when a student didn’t understand ?
      • Apa yang Anda lakukan jika siswa tidak mengerti ?
  • Saya akan menjelaskan kembali apa yang tidak dimengerti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar